Tingkatkan SDM, SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Adakan IHT

Senin (17/12/2018) SMA Muhammadiyah 2 Surakarta mengadakan IHT (In House Training) dengan tema “RPP Model STEM dan Aplikasi EduMu”. Memanfaatkan waktu liburan sekolah, kegiatan yang sedianya diselenggarakan selama tiga hari ini (17-19 Desember 2018) dilaksanakan di ruang Lab. Komputer lantai tiga dan dihadiri oleh seluruh guru dan tamu Undangan

Dalam sambutannya Kepala Sekolah Sri Darwati, S.Pd., M.Pd. menyatakan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan SDM para pendidik di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Hadir pada acara tersebut antara lain  Dr. Jasman Indratno M.Si., Dra. Trisilawati, M.Si Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surakarta dan Drs. Harminto selaku komite sekolah.

Kepala cabang dinas wilayah 7 Jateng Dr. Jasman Indratno M.Si. yang hadir pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pendidikan bagi seorang guru bukan hanya transfer of knowledge. Tetapi juga proses  membentuk anak. Karena menurut Ki Hajar Dewantoro pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Selain itu beliau juga memaparkan karakteristik pendidikan yang harus dilakukan untuk menghadapi generasi milenial ini.

Sementara itu Dra. Trisilawati, M.Si. selaku narasumber utama pada acara tersebut menyampaikan berbagai macam prinsip, komponen, dan format rencana pembelajaran “Bapak ibu harus menyisipkan komponen literasi, Pendidikan Karakter dan 4C pada rencana pembelajaran” ujarnya penuh semangat. Sedangkan ketika menginjak pada penerapan STEM beliau menjelaskan bahwa yang dimaksud STEM Secara umum STEM adalah akronim dari science, technology, engineering, dan mathematics.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *