Robotika, Bermain Cerdas dan Beretika

SMA Muhammdiyah 2 Surakarta menyelenggarakan workshop robotik pada hari selasa (3/9/2019)  yang diikuti oleh sebagian siswa SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 100 siswa dari kelas 10 dan 11  jurusan MIPA juga IPS yang mengikuti ekstrakurikuler robotik. Acara berlangsung sekitar pukul 08.00 WIB dengan antusias para peserta workshop mempersiapkan diri untuk mengikuti acara tersebut. Workshop robotik merupakan kegiatan singkat yang  bukan hanya sekedar memperkenalkan teknologi robot saja, melainkan juga memperkenalkan dasar-dasar dari pembuatan robot itu sendiri. Dedi, yang merupakan panitia sekaligus narasumber mangatakan bahwa tujuan lain dari kegiatan Workshop robotik itu sendiri adalah agar waktu, tenaga, serta sumber daya yang dimiliki oleh siswa dan siswi itu bisa diarahkan untuk sesuatu yang lebih baik. Yang pada akhirnya menghasilkan sebuah prestasi.

Penyampaian workshop tersebut diisi dengan presentasi dan penjelasan apa itu robot. Narasumber juga menunjukkan beberapa contoh robot dan bagaimana cara mengembangkannya. Dengan mengajak mahasiswa –mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), sesi pemaparan tersebut menjadi semakin seru. Sebagai informasi, bahwa dunia robotik pada saat ini banyak digeluti oleh mahasiswa. Terutama robot-robot follower yang sering digunakan untuk ajang perlombaan.

Acara berlangsung dibagi dalam beberapa sesi pembelajaran untuk memisahkan beberapa teori tentang robotik. Di mulai dari sesi pertama yang mengetengahkan tema pembangunan karakter generasi milenial sebagai pilar tegaknya karakter bangsa menyongsong era revolusi industri 4.0.  Selain menyampaikan tentang perihal robotic, para pembicara juga memberi pengetahuan tentang karakter generasi milenial dalam menghadapi era digital ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *