Monitor Progres Belajar, Muha Bagikan hasil PTS Gasal

Sabtu, 16 Oktober SMA Muhammadiyah 2 Surakarta melakukan pembagian hasil Penilaian Tengah Semester Gasal. Acara ini diadakan guna orang tua/wali mengetahui hasil belajar siswa selama setengah semester ini.

Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester Ganjil sendiri sudah dilaksanakan selama dua minggu mulai 6 September sampai 20 September 2021. Kegiatan PTS dilakukan dengan sistem daring menggunakan Aplikasi CBT. Meskipun Solo sudah masuk level 2 dalam aturan PPKM, pengambilan hasil PTS tetap dilakukan secara tatap muka. Untuk menyiasatinya, kehadiran orang tua/wali siswa dibagi menjadi 3 sesi yang berbeda. Tak hanya waktu, tempat pengambilan pun dilakukan di beberapa titik kelas sehingga tidak terjadi kerumunan.
Protokol Kesehatan tampak masih dipegang oleh para petugas yang bersiaga di sisi depan gedung SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Ketika akan memasuki area sekolah, tamu terlebih dahulu dicek suhunya. Handsanitizer dan masker pun disiapkan oleh petugas registrasi. Setelah itu, orang tua/wali siswa akan diarahkan oleh petugas menuju ruangan yang sudah ditentukan bagi masing-masing kelas. Pengambilan Hasil PTS ini dilakukan di ruang aula dan beberapa ruang kelas yang dibuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Orang tua/ Wali murid yang sudah datang akan diberi nomor antrean dan duduk dengan tetap menjaga jarak.

Pengambilan hasil PTS kali ini cukup berbeda, biasanya diadakan pengarahan secara sentral di ruang aula oleh kepala sekolah namun kali ini tidak ada. Tetapi tetap ada pengarahan dan informasi dari masing-masing wali kelas secara personal terkait perkembangan putra/putri mereka di sekolah sebelum hasil PTS dibagikan ke wali siswa.

Selain pembagian hasil PTS, Bapak dan Ibu guru juga mempersiapkan ruang kelas yang akan digunakan sebagai ruang PTM terbatas yang akan berlangsung selama dua minggu ke depan, dimulai besok Senin 18 Oktober. PTM terbatas ini merupakan lanjutan dari simulasi PTM yang pertama yang berlangsung sejak tanggal 4 Oktober 2021 sampai dengan 15 Oktober 2021. Pada simulasi PTM yang akan mendatang jumlah siswa yang dapat mengikuti PTM ditambah secara bertahap.

PTM Terbatas akan diselenggarakan minggu depan melibatkan anak-anak kelas X MIPA 2, X IPS, XII MIPA 1, dan XII IPS 2. Sesuai dengan peraturan, masing-masing kelas hanya dipilih 18 siswa & siswi saja yang dapat mengikuti PTM selebihnya tetap mengikuti pembelajaran daring dari rumah masing-masing.

Peningkatan dari simulasi PTM ke PTM terbatas ini dikarenakan hasil evaluasi yang baik. Menurut Yainuri selaku ketua pelaksanaan PTM SMA Muhammadiyah 2 Surakarta, hal ini bisa terjadi Karena tidak adanya kejadian luar biasa selama simulasi PTM, Bapak Ibu guru yang bertugas dapat mengatur siswa untuk tetap mematuhi prokes, dan penyediaan alat kebersihan yang selalu lengkap dan terus dilengkapi oleh sekolah. Selain itu, Kehadiran siswa yang baik dalam artian tidak banyak yang ijin sakit dan lain sebagainya juga menjadi nilai tambah terhadap hasil evaluasi PTM pada minggu kemarin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *