Mengundang Pembicara dari Dikdasmen Pusat, MUHA adakan Sosialisasi EduMu

Masih dalam rangkaian kegiatan In House Training, SMA Muhammadiyah 2 Surakarta mengadakan sosialisasi EduMu pada Selasa (18/12/2018). Bertempat di laboratorium Komputer, kegiatan kali ini dihadiri oleh beberapa perwakilan kepala sekolah dan guru dari sekolah Muhammadiyah. Acara dimulai sekitar pukul 09.30 dan langsung dibuka secara singkat oleh Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Surakarta, Sri Darwati, S.Pd. , M.Pd.

Tidak menunggu lama, Bapak Ahmad Abdurrahman memperkenalkan aplikasi EduMu yang beberapa waktu lalu dilaunching dalam gelaran Rembuug Nasional Forum Guru Muhammadiyah. Pada prinsipnya, EduMu adalah Aplikasi yang dirancang khusus oleh muhammadiyah dalam meningkatkan kualitas pendidikan seluruh proses akademik dan informasi sekolah dapat diakses setiap saat dari mana saja. Didalamnya terdapat berbagai macam fitur dan konten yang bermanfaat bagi sekolah maupun orang tua. Edumu dirancang untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya sekolah Muhammadiyah di Indonesia.

Dalam acara ini disampaikan ide dasar EduMu yakni upaya dasri Dikdasmen PP Muhammadiyah untuk menghadapi Revolusi Industri 4.0. Pada intinya adalah memadukan pembelajaran digital dengan Al Islam Kemuhammadiyahan dan bahasa Arab (ISMUBA) untuk sekolah dan madrasah MUhammadiyah yang unggul dan berkemajuan. “Dalam EduMu ini, kami mencoba melibatkan peran orang tua dalam proses pendidikan anak-anak. Para orang tua bisa memantau anak-anak mereka apakah sudah sampai di sekolah apa belum, sudah pulang apa belum, sudah mengerjakan PR atau belum, dan banyak lagi fitur lainnya” terang Ahmad. Selain menyampaikan fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan orang tua, Ahmad juga mendemonstrasikan penggunaan aplikasi EduMu pada smartphone android. Fitur lain yang ditawarkan semisal Lacak Murid, Chatting, Pembayaran Sekolah, Absensi, Learning Management System dan Notifikasi.

Sebagai pengembangan materi, EduMu juga bekerjasama dengan berbegai pihak untuk mengisi konten materi. “Kami juga bekerjasama dengan Rumah Belajar sebagai penunjang belajar siswa secara online. Beberapa waktu lalu juga kami sudah bekerja sama dengan British Council. Diharapkan kedepan kami bisa bekerjasama dan mengembangkan konten aplikasi EduMu menjadi lebih baik” Tambah Ahmad. (CAN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *