Memakai Batik ke Sekolah, SMA Muhammadiyah 2 Memeriahkan Hari Batik

Pagi ini ada yang berbeda di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta. Siswa siswi tampak menggunakan batik khas warna warni beragam motif. Tidak ketinggalan pula bapak dan ibu guru juga mengenakan batik sebagai pengganti seragam hari Selasa. Ya, hari ini tanggal 2 Oktober 2018 bertepatan dengan hari batik Nasional.

Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan budaya oleh UNESCO. Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

Instruksi Resmi

Di solo sendiri, pemakaian Batik di berbagai instasi dilakukan berdasarkan surat edaran dari Sekretariat Daerah Kota Surakarta tentang penggunaan pakaian batik dalam rangka hari batik nasional. Surat tersebut ditujukan kepada Pimpinan Instansi Vertikal, Perbankan, Kepala Sekolah Negeri maupun swasta, perguruan tinggi dan pengusaha swasta di area Surakarta sendiri.

Berkaitan dengan hal tersebut, Ibu Sriyatmi salah seorang guru di SMA Muhammadiyah 2 Surakarta memberikan  kesannya  “Pemakaian batik pada hari batik ini, untuk meningkatkan kecintaan kepada budaya batik, terutama batik Solo. Anak anak terlihat beda ketika memakai batik hari ini. Lebih santai tetapi tetap santun” tutur beliau diiringi senyum khas nya.

Ketika ditanya bagaimana upaya agar batik makin berkembang Ibu Guru yang sehari hari mengajar Bahasa Indonesia ini mengatakan bahwa kita harus mulai menanamkan rasa cinta memakai batik kepada anak-anak, dalam hal ini kita mulai dari dunia pendidikan. Di masyarakat pun juga harus mulai disosialisasikan kecintaan terhadap batik. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menciptakan dan mengembangkan kreatifitas batik, sehingga bisa menarik wisatawan  domestik dan manca negara.

Apa Kata Siswa Siswi Tentang Hari Batik?

mereka tampak bersemangat dan ceria ketika kami berbincang sebelum masuk kelas. Nirmala, siswa kelas XI Full Day mengatakan “Batik itu budaya Indonesia, sebagai pelajar kita harus melestarikan budaya Indonesia agar tidak diakui negara lain” terangnya yang diamini oleh beberapa teman disampingnya.

“Kita ikut serta meramaikan hari batik Nasional, makanya kita pakai batik bebas ke sekolah” kata Yusuf Farhan, siswa kelas X IPS 2. “Kita tak mau ketinggalan untuk memperkenalkan budaya kita dong, agar lebih dikenal maka kita harus sering memakai batik. bisa juga dengan mengekspor batik ke manca negara” tambah Aldo yang juga teman sekelasnya. (can)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *